Sekilas Pengertian Qunut atau Do’a Qunut

Sekilas Pengertian - Qunut merupakan salah satu bentuk do’a atau bacaan. Akan tetapi do’a yang dilakukan bukanlah pada saat selesai melaksanakan ibadah sholat melainkan dalam keadaan sholat. Qunut dilakukan pada saat tumaninah ruku. Qunut atau do’a qunut secara umum dilakukan pada saat iktidal raka’at terakhir ketika sholat.


Qunut dapat dibagi menjadi dua, yaitu qunut sholat dan qunut nazilah. Qunut sholat dilakukan pada saat i’tidal atau setelah ruku di raka’at terakhir pada sholat subuh dan sholat witir, sedangkan qunut nazilah dilakukan atau dibaca saat ketika terjadi bencana yang merugikan umat manusia.

Hukum Qunut 

Hukum bacaan do’a qunut yaitu sunnah ab’adl, yang berarti diberi pahala bagi yang mengerjakannya dan bagi yang lupa mengerjakannya disunnahkan untuk menambalnya dengan sujud syahwi. Akan tetapi ada begitu banyak pendapat para ulama mengenai qunut tersebut, tapi setidaknya kita harus memahami bahwa qunut atau do’a qunut adalah ajaran Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Do’a Qunut

Allah hummah dini fiman hadait.
Wa'a fini fiman 'afait.
Watawallani fiman tawalait.
Wabarikli fimaa a'tait.
Waqinii syarramaa qadzait.
Fainnaka taqdhi wala yuqdha 'alaik.
Waiinahu layadziluman walait.
Walaa ya'izzuman 'adait.
Tabaa rakta rabbana wata'alait.
Falakalhamdu 'ala maaqadzait.
Astaghfiruka wa'atubu ilaik.
Wasallallahu 'ala Saidina Muhammad.
Wa'ala alihi wasahbihi Wasallam.

Tujuan dan Manfaat Do’a Qunut

Melakukan qunut atau membaca do’a qunut ketika melaksanakan sholat subuh, witir atau pun nazilah yaitu tidak lain dan tidak bukan agar mendapat karunia, rahmat dan hidayah dari Allah SWT agar senantiasa diberikan ampunan, petunjuk, rezeki, ketenangan batin, kesehatan jasmani dan rohani serta keselamatan dunia maupun akhirat.

Demikian sekilas pengertian qunut atau do’a qunut yang dapat saya bagikan semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

Referensi Saya : Search Google
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Qunut atau Do’a Qunut Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Qunut atau Do’a Qunut Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Qunut atau Do’a Qunut"

Post a Comment