Sekilas Pengertian Nuzul Qur’an

Sekilas Pengertian - Nuzul Qur’an secara harifa berarti turunnya Al-Qur’an (kitab suci agam Islam). Nuzul Qur’an adalah mukjizat Allah SWT. Nuzul Qur’an merupakan suatu peristiwa penting dalam agama Islam karena di hari tersebut adalah waktu dimana Allah SWT menurunkan wahyu pertama-Nya kepada Nabi dan Rasul terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW. 

Proses Nuzul Qur’an

Ketika wahyu ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ketika itu Nabi Muhmammad SAW sedang berada di Gua Hira. Malaikat Jibril lah yang datang menyampaikan pesan Allah tersebut atau wahyu Allah kepada Nabi Muhammad SAW.

Nuzul Qur’an adalah hari atau malam yang istimewa pada bulan Suci Ramadhan karena proses turunnya Al-Qur’an terjadi pada tanggal 17 bulan Suci Ramadhan atau malam ke 17 pada bulan Suci Ramadhan . Untuk memperingati hari diturunkannya Al-Qur’an di muka bumi, Umat Islam selalu mengadakan ceramah khusus yang bertemakan Nuzul Qur’an dan pengajian khusus.

Tujuan Nuzul Qur’an

Allah SWT menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap selama kurun waktu kurang lebih 23 tahun, guna untuk menguatkan iman dan takwa serta memberi petujuk atau menjadi podoman hidup kepada seluruh umat manusia dalam manata kehidupan demi mencapai kebahagiaan lahir dan batin baik di dunia maupun di akhirat. Turunya Al-Qur’an merupakan peristiwa besar yang sekaligus menyatakan kedudukannya bagi penghuni langit dan penghuni bumi.

Hikmah Nuzul Qur’an

Hikmah Nuzul Qur’an sangat lah banyak yang dapat kita peroleh diantara lainnya yaitu dapat mengetahui proses dan tujuan diturunkannya Al-Qur’an, dapat mengetahui perjuangan Nabi Muhammad SAW, menguatkan iman kita kepada kitab Suci Al-Qur’an, mnguatkakan keyakinan kita terhadap Allah SWT beserta para Rasul dan Nabi-Nya, mendekatkan diri kepada sang pencipta, dan dapat mengamalkan setiap hafalan Al-Qur’an.

Demikian sekilas pengertian Nuzul Qur’an semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk anda semua serta menambah wawasan anda tentang agama Islam dan kitab Suci Al-Qur’an.

Referensi Saya : Search Google
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Nuzul Qur’an Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Nuzul Qur’an Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Nuzul Qur’an"

Post a Comment