Sekilas Pengertian Samudra dan Laut

Sekilas Pengertian - Di planet bumi ini yang sangat luas manusia dikelilingi oleh samudra dan lautan, tahukah Anda bahwa bumi kita ini diselimuti dengan samudra dan lautan. berikut ini penjelasan mengenai samudra dan lautan.

Samudra

Samudra adalah salah satu bagian  dari peraian  bumi yang sangat luas, yang biasanya memiliki susunan  angin   dan arus  yang tetap. Di dunia  terdapat tiga Samudra  yang besar sebagai berikut.
  • Samudra Pasifik, luas nya  100 juta km2  atau 5,5  kali luas Afrika.
  • Samudra Atlantik  termasuk Laut Afrika  atau Laut Es Utara , luasnya  95 juta km 3(tiga) kali  luas Afrika.
  • Samudra Hindia, yang luasnya  73 juta km2  atau 2,5  kali luas Afrika.

Laut

Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak  menggenangi dan membagi  daratan atas  benua atau pulau- pulau.
Bagian – bagian dari laut, antara lain laut tepi, laut pertengahan, dan laut  pedalaman.
  • Laut  tepi jika terletak di pinggir  benua atau kontinen dan seolah-olah terpisah dari  samudra luas oleg deretan  pulau-pulau atau  jazirah. Contah laut tepi  adalah sebagai berikut
  1. Laut Bering dipisahkan  oleh Kepulauan Jepang.
  2. Laut Ochotsk dipisahkan oleh  Kepulauan Indonesia dan Filipina.
  3. Laut Jepang dipisahkan oleh Kepualaun Jepang.
  4. Laut Cina Selatan dipisahkan oleh Kepulauan Indonesia dan  Filipina.
  5. Laut Andaman  dipisahkan oleh  Kepulauan Andaman  dan Nicoba.
  6. Laut Utara dipisahkan oleh  Kepualaunan Inggris
  • Laut  pertengahan jika terletak diantara  benua-benua .Laut ini  dalam dan  mempunyai gugusan  pulau-pulau pulau-pulau. Contahnya seperti adalah sebagai berikut
  1. Laut Tengah dengan gugusan pulau-pualu Yunani
  2. Laut pertengahan Amerika  dengan gugusan  pulau-pulau  Antilen  Besar
  3. Laut  pertengahan  Australia- Asia  dengan gugusan  Kepulauan Indonesia
  4. Laut Es Utara  dengan gugusan  Kepulauan Spitsberge.
  • Laut  pedelaman ialah  laut-  laut  yang  hampir  seluruhnya  dikelilingi oleh daratan. Contahnya  seperti   Laut Baltik, Laut Kaspia, Laut  Hitam , dan  Laut   Mati.

Dasar  Samudra

Sebagaimana daratan, dasar samudra juga  memiliki relief  ( tinggi rendah  permukaan bumi ). Macam-macam  reliaf dasar laut adalah sebagai berikut :
  • Shelf ialah  dasar samudra  yang dangkal sepanjang  pantai dan dalamnya rata-rata 200 m. Shelf  ini masih termasuk bagian dari benua yang berdekatan. Shelf  adalah merupakan  bagian samudra yang  banyak ikannya.
  • Dangkalan  ( plat ) merupakan daratan  yang meluas dengan kedalaman  tidak lebih  dari 200 m. Plat juga  dinamakan  shelf   yang meluas.
  • Palut laut  (trog )  ialah lembah  yang dalam dan memanjang di dasar laut , karena dasar laut  yang turun. Trog terjadi  karena  pelipatan kulit bumi. Oleh karena  itu, palung laut terdapat di dekat pegunungan  lipatan. Contohnya , Palung   Laut     Jawa  ( di sebelah Selatan Pulau  Jawa, dengan kedalaman 7.450 m ), Palung Laut Filipina ( Mindanau ) dengan   kedalaman 10.830 m, dan Palung Laut Jepang  dengan kedalaman 7.535 m.

Gerak Samudra

Gerak Samudra  dibedakan menjadi 3(tiga) macam, yaiyu ombak, pasang, dan arus.
  • Ombak, biasa terjadi karena angin  atau karena adanya  tekanan ( gesekan ) dari angin  di permukaan laut. Oleh karena itu, arah ombak  zesuai dengan arah angin .Tinggi dan besar ombak tergantung  pada kekuatan angin.Artinya angin  yang keras dapat menimbulkan  ombak yang tinggi. Ombak  juga dapat terjadi  karena adanya  gempa laut. Di dasar  laut sering terjadi  dislokasi ( pergerakkan kulit  bumi, patahan, dan retakan ) ataupun letusan gunung  berapi. Peristiwa twersebut menimbulkan  gempa laut  yang mengakibatkan ombak  yang sangat hebat  hingga mencapai dengan ketinggian 30 m dan dapat  masuk jauh ke daratan. Ombak yang demikian disebut  dengan Tsunami  ( bahasa Jepang ). Tsunami ini sering membawa  korban sampai  ribuan jiwa manusia dan kerusakan di daratan.  Pernah  terjadi di Indonesia, Filipina, Jepang, Chili, Sri Lanka, Thailand, dan India. Ombak  Tsunami karena gempa  laut sangat besar hingga ketinggian 150 m- 300 , dengan kecepatan 500 – 700 km  per jama.
  • Pasang,  adalah  gerakan air laut  atau samudra yang terjadi pada  saat bulan  purnama  karena  adanya gravitasi  antar bumi – bulan – matahari. Pada  saat bulan  purnama terjadi  pasang naik setinggi-tingginya dinamakan pasang purnama, dan ketika  bulan berada  pada posisi konjungi ( kwartir  I dan kwartir IV ) terjadi  pasang perbani atau pasang surut serendah-rendahnhya. Kondisi  pasang surut mempengaruhi  pelabuhan-pelabuhan . Hal itu disebabkan pada saat pasang  surut pelabuhan-pelabuhan  menjadi sangat dangkal  sehingga  kapalm – kapal  tidak dapat merapat  atau tidak dapat berlabuh.
  • Arus Laut, ialah  gerakan ( aliran ) air laut yang menyerupai sungai  yang sangat lebar ( luas )  serta mempunyai peredaran tetap dan teratur. Gerakan ini tidak saja  terjadi di permukaan, tetapi juga  di bawah permukaan  laut. Arus Laut di bagi berdasarkan  letak, suhu, dan terjadinya.
  1. Menurut letaknya, arus atas bergerak  di permukaan laut  dan arus  bawah   bergerak di bawah permukaan laut.
  2. Menurut suhunya, arus panas  jika suhunya lebih panas daripada suhu  disekitarnya, arus  dingin suhunya lebih dingin dari suhu air laut di sekitarnya.
  3. Menurut terjadinya, di sebabkan oleh angin, perbedaan  kadar garam, dan karena  pasang naik serta pasang surut.
Demikian sekilas pengertian mengenai samudra dan lautan, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua guna untuk memperdalam ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu geografi.


Referensi Saya : Muhsinatun Siasah
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Samudra dan Laut Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Samudra dan Laut Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Samudra dan Laut "

Post a Comment