Sekilas Pengertian Presentasi Ilmiah

Sekilas Pengertian – Presentasi ilmiah adalah penyajian bahan ilmiah (makalah, kertas kerja, draft, dsb) oleh penyaji dan pemakalah di suatu forum ilmiah (seminar, diskusi, simposium, kotokium, FGD/Focus Sroup Discusion, dan sebagainya) di mana pesertanya secara sukarela terlibat aktif dalam interaksi verbal ilmiah menuju tercapainya goal yang diterapkan dengan waktu yang tersedia Depdiknas, 2006). 


Presentasi ilmiah merupakan salah satu cara untuk menyosialisasikan karya-karya ilmiah yang dihasilkan oleh para ilmuwan, baik ilmuwan yang sudah mapan, dikenal di tingkat nasional atau internasional maupun calon ilmuwan yang sedang mencari jati dirinya. Mahasiswa, dosen, guru, berbagai profesi dari ikatan ahli seperti IDI (Ikatan Dokter Indonesia), PIL (Persatuan Insinyur Indonesia), HISKI (Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia), MLI ( Masyarakat Linguistik Indonesia) dan seterusnya sangat akrab dengan presentasi ilmiah.

Ada 3 hal yang perlu dipersiapkan sebelum presentasi ilmiah, yakni :
  1. Kertas kerja, makalah, atau tulisan yang akan dipresentasikan. Dibuat dalam dua bentuk, bentuk pertaa makalah terurai diketik dalam MS word kurang lebih 15-20 halaman, bentuk kedua dibuat dalam Power Point berisi poin-poin atau kata-kata bermakna yang diringkas dari makalah terurai tadi. Setiap slide hanya memuat beberapa konsep saja, tidak penuh dengan tulisan tetapi kombinasi dengan gambar, diagram, grafik, animasi, dan seterusnnya agar menarik. Juga dengan aneka warna yang cerah, tidak selalu hitam putih.
  2. Alat presentasi, seperti laptop, LCD, dan alat presentasi lain, lebih baik dipersiapkan sendiri guna mengantisipasi jika alat yang dipersiapkan panitia tidak mumpuni untuk melayani presentasi kita. Atau jika alat yang dipersiapkan panitia tidak conect dengan alat kita, atau sebab-sebab lain yang akan mengganggu berjalannya presentasi kita. Pengguna media dalam berbicara ini sangat penting karena secara teoritis berbicara yang tanpa media hasilnya hanya dapat diserap 15% saja, berbicara dengan media penuh, di mana audiens menggunakan media, hasilnya akan mencapai 90%.
  3. Yang tidak kalah penting adalah etika presentasi. Etika adalah keseluruhan norma dan penilaian yang dipergunakan masyarakat untuk mengetahui bagaimana seharusnya manusia menjalankan kehidupannya. Etika juga berarti bagaimana saya harus membawa diri, sikap-sikap, dan tindakan-tindakan mana yang harus dikembangkan agar hidup menjadi enjoy dan berhasil dari berbagai kriteria, adalah jawaban mengenai apa etika itu. Dalam hal ini bagaimana saya harus membawa diri, sikap-sikap, dan tindakan-tindakan mana yang harus dikembangkan agar presentasi ilmiah berlangsung dengan sukses, menarik, bermakna dan berkesan bagi seluruh yang hadir dalam presentasi ilmiah tersebut. Sekali kita bisa merebut hati audiens, seumur hidup akan dikenang oleh audiens tadi atau bahkan meluas karena komunikasi sekarang berjalan sangat cepat. Kesan-kesan dan oleh-oleh dari presentasi ilmiah tadi boleh jadi kemudian di share di arena publik melalui forum jejaring sosial lewat internet seperti facebook, twitter, dan sejenisnnya. Salah satu bentuk presentasi ilmiah yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa adalah diskusi. 

Demikian sekilas penjelasan mengenai presentasi ilmiah, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua guna untuk memperdalam ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu sastra atau bahasa Indonesia.

Referensi Saya : Dr. La Ino, S.Pd., M.Hum
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Presentasi Ilmiah Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Presentasi Ilmiah Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Presentasi Ilmiah"

Post a Comment