Sekilas Pengertian Shalat 'Ied Idul Fitri dan Tata Cara Shalat 'Ied Idul Fitri

Sekilas Pengertian - Shalat Idul Fitri adalah shalat yang dilaksanakan sekali dalam setahun yaitu tepatnya pada 1 Syawal di waktu pagi hari. Shalat 'Ied hanya berjumlah dua rakaat namun, shalat 'Ied sangat mengandung hikmah yang banyak bagi umat muslim di seluruh dunia. Ketika hari Raya Idul Fitri kita diwajibkan untuk berbondong-bondong melaksanakan shalat tersebut baik laki-laki maupun perempuan.


Niat Shalat 'Ied Idul Fitri
Niat Shalat 'Ied Idul Fitri, ”USHALLI SUNNATAN LI’IIDIL FITHRI RAK’ATAINI (IMAAMAN/MA’MUUMAN) LILLAAHI TA’AALAA ”.

Hukum Shalat 'Ied Idul Fitri

Shalat 'Ied Idul Fitri adalah salah satu shalat Sunnah Muakkadah atau shalat Sunnah yang diutamakan. Sebagaimana diriwayatkan dari Ummu 'Atiyah RA. Ia berkata : Rasulullah S.A.W. memerintahkan kami keluar pada 'Idul Fitri dan 'Idul Adha semua gadis-gadis, wanita-wanita yang haid, wanita-wanita yang tinggal dalam kamarnya. Adapun wanita yang sedang haid mengasingkan diri dari mushalla tempat salat 'Ied, mereka menyaksikan kebaikan dan mendengarkan da'wah kaum muslimin (mendengarkan khutbah). Saya berkata : Yaa Rasulullah bagaimana dengan kami yang tidak mempunyai jilbab ? Dia bersabda : Supaya saudaranya meminjamkan kepadanya dari jilbabnya. (H.R : Jama'ah)

Waktu dan Tata Cara Pelaksanaan Shalat 'Ied Idul Fitri

Waktu salat hari Raya adalah di pagi hari setelah terbit matahari sampai condongnya matahari. Syarat, rukun dan sunahnya sama seperti salat yang lainnya. Hanya ditambah beberapa sunah sebagai berikut :
  1. Dilakukan secara berjamaah
  2. Mengucapkan niat shalat 'Ied Idul Fitri
  3. Mengucapkan Takbir sebanyak tujuh kali pada rakaat pertama, dan lima kali pada rakat kedua
  4. Mengangkat tangan setinggi bahu pada setiap takbir.
  5. Setelah takbir yang kedua sampai takbir yang terakhir membaca tasbih.
  6. Imam menyaringkan bacaannya.
  7. Pada khutbah Idul Fitri memaparkan tentang zakat fitrah atau hukum zakat fitrah
  8. Mandi, berhias, memakai pakaian yang wajib.
  9. Makan terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat 'Ied Idul Fitri.

Hikmah dan Manfaat Shalat 'Ied Idul Fitri

Ketika melaksanakan ibadah shalat 'Ied Idul Fitri ada begitu banyak hikmah dan manfaat yang dapat kita petik dari kegiatan tersebut. Dikarenakan dengan melaksanakan ibadah shalat 'Ied Idul Fitri secara berjamaah akan membangun rasa kebersamaan dan kesatuan guna menguatkan seluruh umat Islam baik disuatu lingkungan tempat tinggal ataupun di suatu daerah tersebut. Shalat Idul Fitri juga akan menjalin kembali tali silahturahim diantara umat Islam akibat pertemuan di tempat ibadah.


Demikian sekilas pengertian shalat 'Ied Idul Fitri beserta tata caranya semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua sebagai sesama pemeluk agama Islam.

Referensi Saya : Search Google
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Shalat 'Ied Idul Fitri dan Tata Cara Shalat 'Ied Idul Fitri Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Shalat 'Ied Idul Fitri dan Tata Cara Shalat 'Ied Idul Fitri Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Shalat 'Ied Idul Fitri dan Tata Cara Shalat 'Ied Idul Fitri"

Post a Comment