Sekilas Pengertian Puasa Syawal

Sekilas Pengertian - Puasa Syawal adalah ibadah puasa yang ditunaikan di bulan Syawal, selepas puasa wajib di bulan suci Ramadhan. Puasa Syawal dijalankan selama 6 hari setelah bulan suci Ramadhan. Puasa Syawal merupakan amalan sunnah bagi seorang muslim apabila mengerjakannya di bulan Syawal.


Niat Puasa Syawal

Untuk niat menjalankan ibadah puasa Syawal dapat dibaca dalam hati atau dilafazkan seperti berikut ini : "Nawaitu Shauma Ghadin 'An Sittatin Min Syawwaalin Lillaahi Ta'aalaa." (Artinya : Saya niat berpuasa sunnah enam hari bulan Syawal karena Allah).

Keutamaan Menjalankan Ibadah Puasa Syawal

Ketika menunaikan ibadah puasa Syawal ada begitu banyak keutamaan yang terkandung di dalamnya. Banyak sekali keutamaan dan pahala yang banyak apabila menunaikan ibadah tersebut. Diantaranya, barangsiapa yang mengerjakan ibadah tersebut dengan hati yang ikhlas semata-mata hanya untuk Allah SWT niscaya dituliskan baginya puasa setahun penuh. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits sahih dari Abu Ayyub Radhiyallahu’ Anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bula Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh.”

Menjalankan ibadah puasa enam hari pada bulan Syawal sama dengan berpuasa di bulan suci Ramadhan, boleh bersahur dan berhenti sahur saat waktu imsak tiba. Bedanya, saat melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal, boleh dilakukan secara berurutan atau berselang hari, yang penting masih di bulan Syawal.

Namun puasa Syawal atau puasa enam hari ini tidak boleh dimulai pada tanggal 1 Syawal. Sebab, pada hari itu, umat Muslim diharamkan berpuasa. Sehingga boleh dimulai pada hari ke-2  di bulan Syawal.

Bagi kaum perempuan yang berutang puasa akibat halangan atau hal apapun disaat di bulan suci Ramadan, puasa enam hari pada bulan Syawal bisa dikerjakan setelah membayar utang tersebut. Atau bisa juga berpuasa Syawal terlebih dahulu baru membayar utang puasa Ramadan pada bulan-bulan berikutnya, sebelum Ramadan berikutnya.

Demikian sekilas pengertian puasa Syawal atau berpuasa di bulan Syawal semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua sebagai sesama pemeluk agama Islam.

Referensi Saya : Search Google
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Puasa Syawal Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Puasa Syawal Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Puasa Syawal"

Post a Comment