Sekilas Pengertian Hari Kemerdekaan Indonesia

Sekilas Pengertian – Hari kemerdekaan adalah suatu hari dimana suatu daerah, bangsa atau negara yang menyatakan kemerdekaan atas daerah, bangsa maupun negaranya. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa hari kemerdekaan sangatlah berarti bagi setiap negara, karena dalam merayakan hari kemerdekaan tersebut akan begitu banyak hal yang kita peroleh yaitu suka cita yang kita rasakan sebagai seorang masyarakat di negara tersebut. 


Di negara tercinta kita ini yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia hari kemerdekaan jatuh pada tanggal 17 Agustus, ketika itu Presiden pertama Indonesia yakni Ir. Soekarno menyatakan kemerdekaan Indonesia pada hari Jum’at 17 Agustus 1945 dengan ditandai pembacaan naskah proklamasi. Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno adalah sosok pemimpin yang berjuang mati-matian untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia bersama teman dan sahabat-sahabatnya, beliau juga sangat tegas dan bijak dalam menghadapi atau memimpin negara Indonesia ketika itu.
Ketika hari kemerdekaan tiba akan begitu banyak kegembiraan yang datang menghampiri dan akan begitu banyak kegiatan atau aktivitas yang dijalani seorang masyarakat dalam merayakan hari kemerdekaan

Tanggal 17 Agustus adalah tanggal istimewah bagi negara Indonesia dimana ketika hari itu tiba akan begitu ramai dan meriah karena akan begitu banyak kegiatan dan aktivitas yang dijalani pada hari tersebut, aktivitas tersebut seperti perlombaan atau pertandingan antar daerah kelurahan, kecamatan, kabupaten maupun kota. Hari kemerdekaan Indonesia juga ditandai dengan begitu banyaknya atribut-atribut Indonesia yang dapat terlihat di semua sisi jalanan baik itu dalam kota maupun perkampungan.

Tujuan Hari Kemerdekaan

Adapun tujuan dari perayaan hari kemerdekaan Indonesia yaitu untuk mengenang kembali pahlawan-pahlawan bangsa yang telah berjuang demi membawa Negara Indonesia menuju kemerdekaan dan membuat kita akan selalu mengingat perjuangan mereka tersebut.

Manfaat Hari Kemerdekaan

Ketika menjelang hari kemerdekaan Indonesia hal tersebut akan menjadi keuntungan bagi para penjual dan pedagang yang menjual barang atau atribut yang berbau negara Indonesia, seperti bendera, baju, jaket, topi, dan lain-lain.

Seperti yang kita ketahui ketika hari kemerdekaan tiba akan begitu banyak pertandingan atau perlombaan yang akan dilaksanakan baik itu tingkat sekolah, universitas, kelurahan, kecamatan, kabupaten, dan provinsi adapun perlombaan atau pertandingan tersebut berupa : pertandingan sepak bola, futsall, bulu tangkis, basket, voli, panjat pinang, dan lain-lain.

Semoga dengan bertambahnya usia negara kita ini yaitu negara Indonesia yang kita cintai pada tanggal 17 Agustus 2015 nanti akan menjadi barokah, dan semoga Indonesia bersih dari kriminal, korupsi, dan berbagai hal yang dapat merugikan negara Indonesia dan semoga Indonesia akan selalu damai dan semakin bersatu antar sesama umat manusia seperti slogan Bhineka Tunggal Ika “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Marilah kita sebagai bangsa Indonesia turut serta dalam membangun perkembangan Indonesia dengan akhlak yang baik dan selalu menjadi rakyat yang adil dan beradab.

Demikian sekilas pengertian mengenai hari kemerdekaan, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua sebagai bangsa Indonesia yang baik guna untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Hari Kemerdekaan Indonesia Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Hari Kemerdekaan Indonesia Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Hari Kemerdekaan Indonesia"

Post a Comment