Sekilas Pengertian Benua dan Karakteristik Benua

Sekilas Pengertian - Benua  adalah daratan  yang sangat  luas  sehingga  ada  bagian yang tidak  terpengaruh  oleh angin  laut. Pulau adalah daratan yang sebagian besar wilayahnya terpengaruh oleh angin laut. Dalam kaitannya dengan pulau, kita mengenal pulau benua pulau-pulau Oceania, dan pulau karang.



Pulau benua adalah  pulau yang dipisahkan  oleh benua terdekat dengan  laut dangkal. Pulau-pulau Oceania  adalah pulau  yang dikelilingi oleh laut dalam. Pulau karang  adalah pulau  yang sebagian  atau seluruhnya  terdiri atas  karang yang  dibentuk oleh hewan koral ( karang ).
Samudra adalah bagian perairan  bumi yang sangat luas. Samudra  memiliki susunan angin dan arus yang tetap. Laut  adalah kumpulan  air asin dalam jumlah banyak yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau – pulau.

Permukaan bumi terbagi atas belahan bumi utara dan  belahan bumi selatan. Batas kedua  belahan ini adalah garis  khatulistiwa  atau ekuator. Wilayah mulai dari khatulistiwa  kearah kutub  utara disebut  belahan  bumi  utara, sedang wilayah  dari khatulistiwa  kearah kutub selatan disebut belahan bumi selatan. Selain itu, belahan bumi  barat dihitung mulai dari bujur    barat   dan    belahan bumi  timur. Belahan bumi barat dihitung mulai dari bujur ( meridian )   0 derajat      ke arah  barat   sampai garis bujur 180 derajat . Belahan  bumi timur dihitung mulai  dari garis bujur 0 derajat  ke arah timur sampai garis bujur 180 derajat.

Pembagian Benua di Bumi

Daratan di bumi yang merupakan benua adalah Benua Asia, Benua Amerika, Benua Au stralia, Benua Eropa, Benua Afrika dan Benua  Antartika.

Asia

Luas benua Asia adalah 43.998.920 km2 .  Batas wilayahnya adalah sebelah  utara berbatasan  dengan Samudra  Antartika ,. Sebelah  selatan berbatasan dengan Samudra  Hindia. Di sebelah  timur  berbatasan dengan Samudra Pasifik. Di sebelah barat berbatasan  dengan Benua Afrika  dan Eropa.
Benua Asia dan Eropa sebenarnya dahulu menjadi satu sehingga  sering disebut dengan Eurasia ( Eropa dan Asia ). Batas pemisah antara  Benua Asia dan Benua Eropa  afdalah Pegunungan Ural dan sungai Ural.

Benua Asia di bagi  menjadi beberapa  kawasan atau wilayah  yaitu Asia Barat, Asia Selatan , Asia Tengah, Asia Tenggara, dan Asia Timur.
  • Asia Barat,  meliputi  Arab Saudi , Yordania, Suriah, Israel, Irak, Iran, Afghanistan, kuwait,   Bahrain, Qatar, Yaman, Oman, dan Asia Kecil  yang terletak di ujung barat  Asia meliputi  wilayah Turki.
  • Asia Selatan , meliputi India, Pakistan, Srilanka, Kirghistan, Nepal, Buthan, dan    Maladewa.
  • Asia Tengah,   meliputi Kazakstan, Uzbekistan, Kirgjhidtan, Tadzikistan,Turkmenistan,  dan Armenia  serta sebagian wilayah Cina bagian barat, seperti Provinsi Tibet dan Xinjiang, Uygur, Mongolia, dan Seberia Selata.
  • Asia Tenggara, meiputi Vietman, Kampuchea, Myanmar, Laos, Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunei Darussalam, dan Filipina.
  • Asia Timur, meliputi Cina, Jepang, Taiwan, Korea Utara, dan Korea Selatan.

Afrika

Luas benua Afrika 30.925.000 km2 . Batas-batasnya adalah di sebelah utara berbatasan dengan Laut Tengah. Terusan Zeus, dan Laut Merah. Di sebelah  timur berbatasan dengan Samudra  Hindia. Di sebelah Selatan  dan Barat  dengan Samnudra  Atlantik. Luas benua Afrika  3 (tiga) kali luas benua Eropa. Benua Eropa, Asia, dan Afrika  sering disebut sebagai dunia lama.

Afrika  merupakan satu-satunya benua yang dilintasi oleh garis khatulistiwa, garis balik  utara, dan garis  balik   selatan. Besarnya Benua  Afrika dengan rentang atau jaraknya dari  utara ke selatan   sekitar 8.000 km, yaitu dari ujung Tanhyang Bon di Tunisia samapi dengan  Tanjung Aguljhas di Afrika Selatan. Jarak dari barat ke timur sekitar 7.400 km , yaitu dari Cape  Verde  di Afrika barat samapi dengan Tanjung Guardafui di Somalia.

Benua Afrika dibagi menjadi beberapa kawasan ,antara lain sebagai  berikut :
  • Afrika  Utara, meliputi Mesir, Libya, Tunisia, Maroko, dan Aljazair.
  • Afrika Tengah, meliputi  Sudan, Chad, Kamerun,  Afrika  Tengah, Zaire, Nigeria, Kongo, dan   Gabon
  • Afrika  Selatan,  meliputi Angola,  Namibia, Botswana, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambique, Lesotho, Republik Afrika  Selatan, Swaziland , dan Republik Madagaskar.
  • Afrika Barat, meliputi Sahara, Mauritania, Senegal, Gambia, Guinea Bissau, Siera Leone , Ivory Coast, Guinea, Ghana , Burkina Faso, Togo, Niger, Mali, dan Benin.
  • Afrika Timur, meliputi  Ethiopia, Somalia, Kenya, Uganda, Rwanda, Tanzania, Burundi, dan Djibouti.

Eropa

Luas Benua Eropa 27.273.727 Km2 . Batas-batas benua  Eropa adalah di sebelah utara dengan Samudra  Arktika , sebelah selatan denga  Laut Tengah, Laut Hitam, dan Laut Kaspia. Di sebelah Timur  dengan Benua Asia. Sebelah  barat dengan Samudra Atlantik.

Benua Eropa membujur dari Pegunungan  Ural ( berbatasan dengan Benua Asia ) ke arah Barat  sejauh 5.300 km sampai ke Tanjung Sao Vicente di Portugal, dan melintang dari Tanjung Utara  ( Norwegia ) ke selatan  sejauh kira-kira 3.950 km sampai ke Tanjung Akra  di Tainaron  Yunani.

Benua Eropa di bagi  menjadi   wilayah- wilayah  sebagai  berikut :
  • Eropa Utara, meliputi  Denmark, Norwegia, Eslandia, Finlandia, dan Swedia.
  • Eropa Barat,  meliputi   Inggris  Raya, Irlandi, Perancis, Belgia, Belanda, Luksemburg , Jerman, dan Swiss.
  • Eropa Selatan, meliputi  Malta, Portugal, Spanyol, Italia, Yunani, Albania, Bulgaria, dan negara-negara  pecahan dari Yugoslavia seperti Bosnia, Kroasia, Slovenia, Serbia dan Macedonia.
  • Eropa Timur, meliputi  Polandia, Ceko, Slovakia, Austria,  Rumania, Hongaria dan Rusia.

Amerika

Luas benua  Amerika  adalah 42.188.568,5  Km2. Batas-batas  Benua Amerika adalah di sebelah  Utara Samudra Arktika. Di sebelah  Timur Samudra  Atlantik. Di sebelah  Selatan Samudra  Pasifik. Benua  Amerika  disebut dengan dunia baru.

Jarak  dari Utara ke Selatan Benua Amerika  sepanjang 15.300 Km. Benua itu terdiri   atas dua bagian besar, yaitu Amerika  Utara dan Amerika Selatan dengan Amerika  Tengah sebagai  penghubungnya.

Negara-negara  yang berada  di Benua  Amerika ,  antara  lain  sebagai  berikut :
  • Amerika Utara,  meliputi  Amerika Serikat  dan Kanada.
  • Amerika  Tengah, melipuiti Guatemala, El Salvador, Honduras,  Nikaragua, Kostarika, Panama, dan  Meksiko. 
  • Amerika Selatan, meliputi Columbia, Venezuela, Guyana, Suriname, Ekuador, Peru, Brasil, Bolivia, Paraguay, Urugay  Argentina  dan  Cile. 

Australia

Berbeda dengan  benua lainnya  yang terdiri atas  banyak negara, Benua Australia hanya terdiri atas satu  negara. Oleh  karena  itu, pembagian kawasan Australia lebih cenderung pada kondisi lingkungan  fisiknya daripada letak geografisnya.

Berdasarkan pada keadaan lingkungan fisiknya, Australia dibagi atas  wilayah  - wilayah  sebagai  berkut :
  • Plato  ( dataran  tinggi  ) barat.  Wilayah ini luasnya hampir  ¾  dari daratan  Australia.  Penduduk dikawasan  ini sangat  jarang.
  • Dataran rendah bagian tengah  yang memiliki sumber alam berupa sumur-sumur artesis yang dimanfaatkan   untuk  usaha  peternakan yang merupakan usaha terpenting di Australia.
  • Dataran tinggi  bagian timur  merupakan bagian  tertinggi di Australia yang membentang  di bagian selatan. Di antara pegunungan dan pantai terdapat  dataran pantai  yang nyaman, beriklim lembap, dan bersuhu  hangat. Wilayah ini padat penduduknya.

Daratan  Kutub Utara dan Kutub Selatan

Mengapa  sebagian daratan  di kutub utara tertutup salju?. Bagaimana bentang alam di kutub  utara dan kutub  selatan sebagai  berikut :
  1. Kutub  Utara  atau daerah  Arktik : Arktik adalah  wilayah kutub  di belahan  bumi utara yang dibatasi oleh lingkaran Arktik  pada garis 66 ½  LU . Daratan Arktik terdiri  atas bagian  utara  Norwegia, Swedia, Finlandia, Rusia, Greenland , bagian   utara Alaska , Kanada bagian  utara  serta  ribuan pulau yang terdapat  di sebelah utara  Benua Eropa. Asia, dan Amerika. Daratan Kutub   Utara  menunjukkan adanya relief berupa pegunungan dan gunung yang mencapai ketinggian lebih dari 3.000 m . Sebagian  besar  dataran Kutub Utara  selalu tertutup salju abadi . Penduduk  yang berdiam  di Kutub Utara disebut orang eskimo yang bermata pencaharian sebagai pemburu  dan penangkap ikan. Mereka  tidak dapat melakukan usaha pertanian karena tidak ada tumbuhan atau tanaman pertanian yang dapat tumbuh di daerah yang sangat dingin tersebut. Binatang  yang banyak hidup di wilayah ini adalah rusa, kutub  dan anjing laut.          
  2. Kutub  Selatan  atau  Antartika : Antartika atau kutub Selatan merupakan suatu  daratan dengan ribuan pulau di sekitarnya . Kutub  Selatan di kelilingi oleh 3(tiga) samudra, yaitu Samudra Hindia, Samudra Atlantik , dan Samudra Pasifik. Ketiga samudra  itu bertemu di Kutub Selatan. Luas Kutub Selatan  14.254.050 Km2 , panjang garis pantainya mencapai 22.210 km. Batas Antartika  adalah 66 “  LS   atau   disebut  dengan  lingkaran  Antartika. Letak Antartika  relatif  jauh  dari benua-benua lainnya.
Rangkaian pegunungan di Antartika yang tertutup es sebagian mengelilingi tepi daratan Antartika . Pegunungan  yang ada  merupakan  satu rangkaian formasi pegunungan tinggi seperti  Pegunungan  Forrestal, Pegunungan Ellsworth, Pegunungan  Queen Mjud, Pegunungan  Queen  Alexander, dan Pegunungan Ross dengan banyak gletser (gunung es).

Karakteristik  Benua

Setiap  benua memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Indetifikasikan benua-benua di bumi ini.  Adakah faktor-faktor yang mempengaruhi  perbedaan karakteristik  antar  benua?

Benua  Asia

Benua Asia  merupakan benua  terbesar di antara benua-benua  yang ada. Benua Asia  wilayahnya terbagi  atas timur, barat, tengah, selatan, dan  tenggara.
  • Keadaan  Alam.
Keadaan Benua Asia, pada umumnya terdiri atas pegunungan . Pegunungan utamanya  adalah  Pegunungan  Himalaya dengan  puncak tertingginya Gunung Everest ( 8.848 m )  yang memiliki salju abadi.  Dari pegunungan  itu, kearah  timur dan tenggara  merupakan rangkaian pegunungan yang disertai celah-celah  terjal dengan aliran su ngai  Rangkaian pegunungan itu ke arah  Indocina, Myanmar, Thailand, sampai  ke Semenanjung Malaya. Ke arah  timur  laut membentang Pegunungan  Hindukush, Karakrum, bersambung  ke Pegunungan Tien, Altaj  Besar, dan gugusan Pegunungan  Siberia  Selatan.  Ke  arah barat  melandai  dan membentuk  plato-plato dikawasan  Iran dan  Anatolia. Di Asia  terdapat sejumlah dataran tinggi, misalnya  dataran  tinggi Dekan, dataran tinggi  Semenanjung  Arab,  Pegunungan  Tujuh  Dara di Sri  Lanka, pegunungan  di  Jepang, Taiwan Filipina, dan  Indonesia.

Relief  dataran  yang terendah di bumi juga  terdapat di Benua  Asia, yakni di Nanau Laut mati dengan permukaan danau 400 m di bawah permukaan  laut. Hamparan dataran  rendah terdapat  di sepanjang aliran sungai, seperti Sungai Ob dan Yenessi di Rusia, Sungai Kuning ( Hoang Ho )  dan Sungai Yangtse di Cina, Sungai Gangga  serta Indus di India  dan Pakistan, Sungai  Mahakam, Sungai Musi, Sungai Brito dim Indonesia. Sungai Mekong  di Indonesia, Sungai Salween dan Irawadi di Myanmar, serta  sungai Menam  di Thailand. Di muara  sungai banyak terdapat delta.
Bentang alam yang  ada di Benua Asia di pengaruhi  oleh iklim. Tipe iklim kering menyebabkan terbentuknya bentang alam bdrupa  gurun pasir, seperti Gurun Gobi di Mongolia Selatan dan Cina bagian Utara, Gurun  Taklamakan  di Cina  bagian barat, serta Gurun  Arab dan Gurun Sinai  di Asia Timur  Tengah. Di pinggiran  gurun terdapat  stepa dan sabana.
  • Iklim.
Benua Asia memiliki  variasi iklim  yang beragam dan hampir semua jenis iklim terdapat di Asia. Variasi  iklim yang beragam disebabkan faktor-faktor  wilayah yang sangat luas, bentuk topografi yang beraneka ragam , dAn letak daratan  Asia terhadap laut dan samudra.

Sesuai dengan kondisi  fisiknya, iklim  yang terdapat  di Benua Asia  dapat di kelompokkan  sebagai  berikut :
  1. Iklim  Darat – Kutub : Iklim Darat- Kutub  terdapat di Asia  Utara, khususnya  Siberi. Tipe iklim  ini   memiliki ciri-ciri musim  dingin yang panjang, sedangkan musim panasnya  lebih singkat . Di wilayah  ini curah hujan tertinggi rata-rata 1.016  mm setahun terdapat  di dataran rendah  disekitar muara  Sungai  Amur. Tingginya curah hujan  karena adanya  dembusan  angin pantai  Tenggara dari  Laut Jepang hyang banyak  mendatangkan hujan.
  2. Iklim  Gurun- Tropis : Iklim Gurun Tropis banyak terdapat di daerah Asia  Timur Tengah ( Asia Barat )
  3. Iklim Mediterania : Iklim mediterania terdapat di daerah sekitar Laut  Tengah, seperti Israel, Suriah, dan   Iran  bagian  utara. Tipe  iklim  ini  memiliki  ciri-ciri hujan  yang banyak turun pada musim dingin. Sepanjang pantai Yaman, Aden, Oman, Iran, bagian selatan, dan Irak , hujan banyak turun pada musim  panas adalah  508 – 1.016 mm per tahun.
  4. Iklim  Kering : Iklim Kering terdapat  dim kawasan gurun-gurun  Arab. Curah hujan  pada kawasan ini sekitar 20 – 101 mm per tahun. Sebagian dari Benua Asia tidak  mendapatkan hujan  sepanjang tahun, seperti di wilayah  Arab Saudi  bagian selatan dekat perbatasan  dengan negara Oman.
  5. Iklim   Subtropis : Iklim Subtropis  terdapat di Asia Timur dan mendapat  pengafruh angin  muson (musim)  tenggara dari Samudra  Pasifik. Angin ini mendatangkan hujan . Curah hujan tertinggi terdapat di Jepang bagian selatan. Semenanjung  Korea, Pulau Taiwan, Pulau Hainan, dan Cina bagian  selatan. Wilayah Asia Tengah masih  mendapat pengaruh  dari angin laut  dari Samudra  Pasifik meski  pengaruhnya sangat kecil sehingga curah hujan jarang. Di kawasan  ini terdapat  Gurun Gobi dengan curah hujan  2 – 102 mm per tahun.  
  6. Iklim   Laut  Tropis : Iklim laut tropis terdapat  di Asia Tenggara. Di kawasan ini curah hujan rata-rata tinggi sehingga sebagian besar  kawasannya memiliki  hutan hujan trop 
  • Flora  dan  Fauna
Flora di wilayah Benua Asia bervariasi  karena pengaruh iklim dan tanah yang berbeda-beda. Di bagian  selatan terdapat  hutan yang paling liuas di dunia  yang menghasilkan kjayu bagi  negara Rusia. Di Asia Tengah yang beriklim kering, tumbuhan yang tumbuh adalah  rumput-rumputan  yang bderguna bagi makanan ternak. Di Asia Timur banyak terdapat tanaman yang bernilai ekonomis, misalnya  kayu dan buah-buahan. Di Asia Tenggara  terdapat tumbuhan bahan perdagangan, misalnya karet, ke;lapa, kayu jati, dan teh.

Fauna di Benua  Asia banyak sekali jenisnya. Di Asia  Timur dan Asia Tenggara, banyak terdapat binatang  seperti kerbau,  dan sapi  dimanfaatkan untuk  angkutan, sedangkan  di Asia Barat  Daya dan  Asia  Selatan, unta , sapi, kuda yang digunakan keledai  untuk angkutan dan  dimanfaatkan  dagingnya. Di Asia Tenggara  dan Asia Selatan  banyak dijumpai  hewan liar, seperti monyet, kera, berbagai jenis  burung, komodo, badak, banteng, dan singa.
  • Penduduk.
Jumlah penduduk  di Benua Asia  merupakan penduduk dengan jumlah terbesar di dunia, Cina, India,, Indonesia dan  Jepang adalah  negara-negara yang memilki  jumlah penduduk  bwesar di dunia. Persebaran  penduduk di  Benua Asia tidak  merata. Sebagaian besar penduduk terkonsentrasi pada daerah   pantai asepanjang aliran sungai  dan lembah – lembah  pegunungan.

Penduduk Asia  terdiri atas tiga  ras ( induk bangsa ) utama, yaitu ras Mongoloid, Kaukasoid, dan Negroid. Ras Mongoloid  menempati kawasan Asia Timur dan Asia  Tenggara,  misalnya Cina, Korea, Vietnam, dan Thailand. Ras Kaukasoid  menempati kawasan  Asia Barat  seperti Arab Saudi, Irak, Iran, Suriah, Turki, India bagian  utara, Pakistan, dan Afganistan. Ras Negroid  menempati kawasan India Selatan dan Srilanka.

Agama yang dianjut  oleh penduduk di Asia  bermacam-macam. Ada  yang beragama  Islam, Hindu, Budha, dan Kristen. Sebagian  penduduk menganut  agama lokal mereka, seperti Kong Hu Cu  di Cina dan Shinto  di Jepang.

Bahasa yang digunakan beraneka ragam. Rumpun bahasa  Indo- Eropa digunakan di Arab dan India. Rumpun bahasa  Altai  digunakan di Turki, Rumpun bahasa  Sino di Tibet  dan Rumpun bahsa Melayu  digunakan  di Asia Tenggara.

Benua  Afrika

Sebagian orang menganggap Benua  Afrika sdebagai Benua  Hitam. Hal itu karena  benua ini  sukar sekali  untuk dimasuki negara  atau pengaruh lain karena keadaan alamnya  yang ganas.
  • Keadaan Alam.
Benua  Afrika mempunyai luas 30. 295.000 km2. Secara  astronomis terletak di antara  38 “ LU- 35” LS dan 17” BT- 51” BT.

Sesuai dengan  kondisi fisiknya  iklim di Benua  Afrika di kelompokkan  sebagai berikut
  1. Iklim tropis  basah  dengan suhu rata- rata  tinggi  dan relatif tetap. Suhu rata- rata               23,9” C – 28,7” C, kelembapan  udaranya tinggi.  curah  hujan rata- rata 1.500 mm  per tahun. Vegetasinya  terdiri atas hutan hujan tropis. Daerah  iklim  tropis basah ini, meliputi wilayah sepanjang pantai barat bagian tengah, cekungan Zaire, dataran tinggi Kenya,  Uganda ,  dan pantai timur.
  2. Iklim tropis Sabana terletak disebelah utara dan selatan daerah  tropis. Hujan jatuh pada musim  panas  dan kering pada musim dingin.
  3. Iklim sedang yang hangat  terletak di bagian  Tenggara Afrika . Curah hujannya banyak  turun pada musim panas   yang di bawa oleh angin  pasat dari Samudra  Hindia.
  4. Iklim mediterania , terdapat di daerah  sepanjang Laut Tengah  ( Maroko Aljazair, Tunisia ), dan Republik Afrika  Selatan, sedangkan  hujan jatuh  pada musim dingin dan kering pada saat  musim panas.
  5. Iklim gurun, terletak antara iklim  tropis dengan iklim mediterani. Wilayahnya sebagian berada  di Afrika bagian  utara dan bagian selatan. Kelembapan  udara  rendah dan curah hujan  sedikit. Perbedaan  suhu antara  waktu  siang dan malam sangat besar.
Benua Afrika memiliki sedikit teluk, antara lain Teluk  Guinea di bagian barat.Teluk Aden  di bagian Timur dan Teluk Sidra di bagian  utara. Di sekitar benua  tidakdijumpai kepulauan. Pulau yang ada  adalah Madagaskar yang dipisahkan  oleh selat Mozambique.

Bentang alam Afrika terdiri atas dataran tinggi ( plato ). Pada umumnya  plato-plato di Afrika  bagian selatan lebih  tinggi daripada  plato-plato di Afrika  bagian utara, maupun  barat. Di Afrika  bagian selatan  terdapat Plato  Drakensberg dengan tebing yang sa ngat curam. Plato  itu  menghadap  pantai  sepanjang Samudra Hindia. Di sebelah utara Lembah Kongo, terdapat plato yang lebih rendah dan terpecah-pecah. Di ujung  barat terdapat  Plato Fouta, Plato  Joss di Nigeria Tengah. Pegunungan  Adamoua, dan Pegunungan  Kamerun di timur. Di  Sahara, bagian-bagian paling tinggi adalah  Plato Tassil-n-Ajjer, Pegunungan Ahaggar, dan Pegunungan Tibesti.

Di ujung utara dan selatan Benua Afrika terdapat barisan pegunungan lipatan. Pegunungan Atlas di bagian utara mempunyai ketinggian 4.000 m. Pegunungan ini mempunyai hubungan dengan pegunungan besar Erasia. Di sebelah  selatan terdapat Pegunungan Cape yang lebih rendah  dengan ketinggian 1.500 m terletak di sebelah timur Cape  Town ( di Republik Afrika Selatan ).
Lembah yang terkenal di Benua Afrika adalah Lembah Retak Besar ( Great Rift Valley ) yang merupakan ciri khas benua  ini. Lembah ini merupakan kelanjutan dari Lembah Jordan di Timur Tengah yang melalui Laut Merah sampai  ke Sungai Shire, dan anak Sungai Zambesi di Afrika Selatan.

Sepanjang retakan terdapat danau-danau besar dan kecil yang berjajar ke arah selatan. Danau- danau tersebut  adalah Danau Victoria, Danau Mobutu, Danau Tanganyika, dan Danau  Malawi ( Danau Nyasa ). Danau Victoria  merupakan Danau terbesar  di  Afrika dengan  kelilingi  6.500 km dan kedalaman 82 m. Danau Tanganyika  merupakan Danau  yang terdalam  kedua  di dunia dengan  kedalaman 1.430 m. Tidak jauh  dari Lembah Retak Besar terdapat gunung tertinggi di Afrika yaitu Gunung Kalimanjaro ( 5.895 m).

Sungai – sungai  panjang banyak dijumpai di Benua Afrika, antara lain Sungai Nil ( 6.500 M km ), Sungai Kongo ( 4.700 km ), Sungai Niger ( 4.300 km ),  dan  Sungai Oranye ( 1.850 km ). Adanya  arus  yang deras dan air terjun yang terkenal adalah  air terjun Victoria yang ditemukan pertama kali  oleh David Livingstone pada tahun 1885.
  • Flora  dan Fauna
Flora  ( tumbuhan –tumbuhan ) di Benua  Afrika bervariasi sesuai dengan  persebaran  curah hujannya.Di daerah yang curah hujannya cukup tinggi  terdapat hutan hujan tropis. Banyak pohon  tinggi dan rapat sehingga menyebabkan  sinar matahari  tidak sepenuhnya dapat mencapai permukaan tanah. Pohon  hutan yang dimanfaatkan  di Benua Afrika  adalah pohon mahoni dan kayu kenari.
Di luar hutan banyak tsrdapat padang rumput atau sabana. Daerah yang kering makin jarang pepohonannya  dan  hanya terdapat  padang rumput atau semak yang berduri. Di daerah yang beriklim  laut tengah dengan hujan pada musim dingin, tumbuh tanaman anggur yang  merupakan ciri khas wilayah Laut Tengah, sepwerti di Maroko, Aljazair, dan Republik Afrika Selatan. Di Afrika Selatan terdapat  padang rumput luas yang disebut Veldt yang dimanfaatkan untuk padang penggembalaan sapi dan biri-biri.

Fauna ( binatang ) yang terdapat di Benua Afrika merupakan binatang khas Afrika, seperti  gajah, dan singa yang terdapat di Afrika Tengah dan Afrika Selatan, di daerah   terbuka yang  luas di selatan  Sahara memungkinkan  kehidupan hewan khas Afrika  pemakan tumbuhan, seperti antilop, hertebeest, zarafah, zebra, badak, dan gajah. Beberapa  taman nasional, suaka margasatwa, dan cagar alam banyak terdapat di Afrika  terutama di Kenya, Uganda, dan Tanzania. Hewan lainnya yang banyak terdapat di Afrika  adalah jenis  ular, burung, dan binatang amfibi. Danau-danau di Afrika  banyak terdapat ikan ciklid yang merupakan  jenis hewan air yang paling banyak di Afrika.
  • Penduduk
Persebaran penduduk di Benua Afrika  tidak merata.Daerah lembah  sungai yang subur seperti lembah Sungai Nil  sangat padat penduduknya. Di  daerah-daerah kering seperti  Gurun Kalahari, Gurun Sahara, dan Gurun Namibia hampir tidak berpenghuni.

Penduduk Afrika sebagaian besar terdiri atas ras negro yang berdiam di kawasan sebelah selatan Gurun Sahara. Etnis Negro  dapat dibedakan atas dua kelompok yaitu Negro Bantu dan Negro Sudan. Orang  Negro Sudan  yang tinggal di Afrika bagian barat yang memiliki  kulit  hitam, bibir tebal, dan hidung pesek. Orang Negro Bantu yang tinggal di Afrika  bagian timur dan selatan  memiliki kulit yang lebih terang  dan hidungnya tidak pesek.

Suku- suku yang ada di Afrika, antara lain suku Masai sebagai penggembala, suku  Kikuyu sebagai petani, dan suku Zulu sebagai peternak dan petani. Di Benua Afrika  terdapat suku bangsa  yang sudah makin sedikit jumlahnya, yaitu orang Pygmy, orang Bushmen, dan orang Hotentot. Di sebelah utara Gurun Sahara  berdiam orang –orang keturunan Arab  dari bangsa Semit, Hamit, dan beberapa kelompok lain yang tergolong ras kulit putih.

Benua  Eropa

Benua Eropa merupakan benua yang negara-negara  di dalamnya banyak melakukan imperalisme dan kolonialisme  terhadap  benua  dan  negara  lain.
  • Keadaan Alam
Luas Benua Eropa 27.273.727 km2 . Benua ini berbatasan dengan Samudra Arktik di sebelah utara, Laut Tengah, Laut Hiutam, dan Laut Kaspia di sebelah selatan; Benua Asia  di sebelah timur; dan Samudra Atlantik di sebelah barat.

Benua Eropa membujur  dari Pegunungan Ural  sebagai batas di Asia bagian timur ke arah  barat sejauh 5.300 km samapi ke Tanjung Sao Vicente  di Portugal. Dari utara benua ini melintang dari  ujung  utara di Norwegia ke arah selatan sejauh 3.950 km sampai ke Tanjung Akra Tainaron di Yunani. Letak  astronomisnya di antara 35” LU – 71 derajat o6 LU  dan 9 derajat 27’ BB – 66 derajat 20’ BT.

Pegunungan yang terdapat di Benua  Eropa adalah Pegunungan Baltik di kawasan Firlandia dan Swedia yang reliefnya beragam.Pegunungan Hartsz ( Hercynia ) terdiri  dari plato – plato dan gunung-gunung yang berderet dari Bretagne   dan Semenanjung Liberia menuju Pegunungan  Ural, Pegunungan  Alpen, Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Pyrenea Tengah, Pegunungan Apenina, dan Pegunungan Pidhos.

Banyak sungai  mengalir di Benua Eropa, misalnya Sungai Volga, Sungai Donau, Sungai  Dnepr, Sungai  Don, Sungai Rhein, Sungai Ebro, dan Sungai Oder. Pada umumnya, sungai-sungai di Eropa  panjang  dan besar. Sungai itu mengalir melewati  beberapa negara. Sungai-sungai ini dimanfaatkan  untuk transportasi selain untuk irigasi, pembangkit listrik, dan objek wisata.

Dataran rendah di Benua Eropa membentang dari Belgia, Belanda, Luksemburg, Jerman bagian  utara sampai  ke Polandia dan Rusia, dan membentang  ke utara sampai ke Denmark  dan Swedia. Begitu  panjangnya  dataran rendah  itu hingga  dijuluki sebagai daratan tidak bertepi. Dataran  rendah yang  lain di bagian utara  Prancis dan Inggris  bagian selatan dan  timur, dan  dataran rendah semenanjung yang menjoroknke Laut Tengah.

Secara umum, bentang alam  Eropa dapat  digolongkan atas 4(empat) kelompok  seperti berikut :
  1. Dataran rendah Eropa besar atau dataran rendah  Eropa utara. Dataran rendah ini membentang sangat luas, mulai dari Prancis, Beneluks  ( Belgia, Netherlands  atau Belanda, dan  Luksemburg ), Jerman  bagian utara, Polandia, sampai di Rusia. Ketinggiannya kurang 150 m, bahkan ada yang lebih rendah  dari permukaan  laut, misalnya  sebagian  dari Belanda.
  2. Pegunungan tinggi di bagian selatan yang membentang mulai dari  Pegunungan Pyrene  di perbatasan Spanyol dan Prancis sampai  ke Rumania, Bulgaria, dan Yunani. Barisan pegunungan ini merupakan rangkaian Pegunungan Alpen, dengan puncaknya  yang tertinggi  Mount Blanc ( 4.813 m).
  3. Dataran tinggi  bagian barat meliputi dataran tinggi di Skandinavia, Skotlandia, dataran tinggi  di Irlandia Barat  Laut, dataran tinggi di Prancis, Spanyol, dan Portugal.
  4. Dataran tinggi  sentral terletak di antara  dataran rendah Eropa besar di utara  dengan barisan  Pegunungan Alpen di selatan. Sebagai contoh adalah dataran tinggi  di Jerman. Pegunungan  di kawasan ini  menjadi  hulu sungai  sebagian besar sungai-sungai di Eropa.
Di antara ke lima benua  di dunia, hanya di Benua Eropa yang tidak dijumpai  iklim tropis. Hal ini disebabkan  letaknya  secara  keseluruhan berada  di belahan  bumi utara  di luar daerah  tropis. Letak Benua Eropa berada di daerah  sedang sehingga di benua ini terdapat empat  musim, yaitu panas, gugur, dingin, dan semi.

Iklim suatu tempat dipengaruhi oleh dua faktor  utama, yaitu suhu dan curah hujan . kelembapan, banyaknya  sinar matahari, tekanan udara, angin,  arus laut, letak lintang, ketinggian, dan  relief daratan berperan sebagai faktor  pendukung.

Tipe-tipe iklim yang ada di wilayah Eropa, antara lain iklim  subtropis mediterani, iklim maritim  sedang, iklim  tundra, iklim kering sedang,  dan iklim  kutub ( boreal ).

Curah hujan tertinggi terdapat di-lereng-lereng  pegunungan belakang garis pantai  Laut Atlkantik dan Eropa bagian  barat laut. Di Eropa  selatan, hujan  paling banyak turun di pegunungan  Alpen. Curah hujan  terkecil terdapat  di daerah bagian timur Spanyol dan Pulau Sicilia, yaitu kurang  dari 500 mm per tahun. Daerah  itu memerlukan  irigasi untuk pertanian, khususnya  bila menghadapi  musim kemarau panjang.

Tumbuhan yang terdapat  di Benua Eropa bervariasi  mengikutim pola iklim  yang ada. Di daerah  pedalaman Eropa  bagian utara masih  tumbuh tanaman tundr, rumput, dan kapas. Pada musim gugur, pegunungan berbatu  penuh dengan tumbuhan lumut dan tanaman birch. Di  Norwegia, Swedia,dan Finlandia hingga wilayah Rusia terdapat tumbuhan hutan pinus dan cemara. Di daerah  yang musim dingin nya  tidak terlalu keras  biasanya terdapat  hutan campuran, khususnya  cemara dan pinus. Di daerah beriklim mediterania  banyak tumbuhan  pohon zaitun dan cemara. Di Belanda  dan beberapa  negara  lain ditanami  rumput marram yang digunakan untuk menahan longsor di bukit pasir.
Hewan yang terdapat di Benua Eropa, antara lain binatang Chamois ( rusa berbulu  halus ), ibeks, serigala, rusa kutub, elk, berbagai jenis menjangan, dan anjing laut. Selain  itu juga terdapat banyak jenis binatang mamalia kecil, seperti kelinci, musang, landak, berbagai  jenis burung, seperti  burung elang, gagak, burung hantu, bangau, serta berbagai jenis ikan.
  • Penduduk
Persebaran penduduk Eropa tidak  merata. Pada  umumnya penduduk  Eropa bermukim di perkotaan. Benua Eropa  merupakan benua yang penduduknya paling padat  di dunia meskipun  pertumbuhan penduduknya tergolong  rendah dibandingkan  dengan benua-benua lain. Wilayah  yang terpadat  penduduknya terutama  di Eropa    Barat.  Wilayah ini merupakan  daerah industri utama di Eropa.
Bahasa yang digunakan di Benua Eropa sebanyak 60 jenis  bahasa. Ada ratusan dialek di Benua Eropa, namun para  ahli bahasa mengelompokkkan  menjadi 9(sembilan )  rumpun bahasa. Rumpun  bahasa tersebar adalah Indo-Jerman.Baltik –Slav, German, Roman, Albania, Yunani, Keltm Gaelia, dan Britania.

Berdasarkan  ciri-ciri fisiknya  (tubuh ) penduduk  Eropa dapat dikelompokkan  atas  beberapa  kelompok etnis  sebagai berikut :
  1. Nordik, seperti bangsa Jerman, Norwegia, Swedi, Belanda dan Inggris.
  2. Dinarik, seperti bangsa  Rumania.
  3. Alpen, seperti bangsa Perancis  dan Swiss.
  4. Mediterania, seperti bangsa  Portugal, Spanyol dan Italia.
  5. Slavia, mencakup bangsa-bangsa yang mendiami  Eropa Timur, seperti  bangsa Polandia,Rusia, Bulgaria,Ceko, Slovakia, Yugoslavia ( Bosnia, Slonevia, Macedonia, Kroasia, Serbia, Montenegro).  
Perkembangan bangsa  Eropa sejalan dengan perkembangan  agama Kristen. Hal ini diketahui bahwa pusat agama  Katolik Roma, yang dikepalai oleh Paus ada di Vatikan yang terletak di Eropa. Konstantinopel  (kini Istambul ) merupakan  tempat kelahiran  agama Katolik Orthodoks Timur  juga terletak  di Eropa. Sekarang ini mayoritas penduduk  Dropa beragama  Kristen dan 50 %  memeluk agama Katholik  Roma. Agama yang  lainnya adalah agama Islam , dan Yahudi, serta agama yang dianut oleh minoritas  bangsa Eropa.
  • Perekonomian
Benua Eropa merupakan kawasan yang  paling pesat perkembangan  ekonominya di dunia. Pertanian di Benua Eropa  dikembangkan lebih dari  separuh bagian  benua itu. Bidang ini merupakan  lapangan pekerjaan  utama dan  paling banyak menyerap  genaga kerja. Hasil  pertanian yang ada berupa  kentang, gandum, barley, dan terigu  yang menduduki peringkat  atas di dunia. Hasil pertanian  lainnya adalah buncis, serat rami, kacang polong, dan tembakau. Buah- buahan dan sayuran  juga dihasilkan  oleh sebagian besar wilayah Eropa.

Perikanan di Eropa  memegang peranan penting terutama di Norwegia, Islandia, dan  negara-negara bekas  Uni Soviet. Hasil pderikanan yang paling produktif  adalah di Laut Utara , Samudra Atlantik, Laut Norwegia, dan Teluk Biscaye.

Kehutanan  di Eropa sangat produktif terutama di Finlandia,Norwegia, dan Swedia. Kehutanan di ketiga negara  ini merupakan sektor ekonomi yang terpenting dengan hasilnya berbagai jenis kayu, pulp, dan kertas. Hasil dari  hutan lainnya adalah damar dan terpentin.

Pertambangan  Eropa sangat maju, Eropa merupakan  negara penghasil batu bara dan biji besi  tersebar di dunia. Negara –negara yang  kaya  dengan batu bara  adalah Ceko, Slovakia, Jerman, Inggris, Polandia, dan Rusia. Negara  penghasil biji besi  adalah Perancis,Yunani, Rusia, dan Swedia. Bauksit  dihasilakn oleh Perancis, Yunani, Rusia, Hongaria, dan  Yugoslavia. Pertambangan lainnya  adalah tembaga , mangan, nikel, krom, timah, merkuri, perak, platina, seng, dan minyak bumi yang terutama dihasilkan oleh Inggris dan merupakan tambang minyak terbesar di Eropa.

Munculnya Revolusi Industri  menjadikan Eropa  sebagai benua dengan negara-negara industri yang maju, yaitu Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Polandia, dan negara-negara bekas  Uni Soviet. Perdagangan di Eropa  berperan penting dalam perdagangan  dunia setelah  dibentuknya MEE ( Masyarakat Ekonomi  Eropa). Penggunaan  mata uang  yang dianggap sama  setiap negara di Eropa , yaitu Euro juga mendorong pesatnya perekonomian  di benua ini.

Benua  Amerika

Benua Amerika di sebut juga Benua Baru, nama  benua itu  berasal dari nama penjajahan  Italia, yaitu  Amerigo Vespucci. Pada saat  itu dia melakukan pelayaran  ke Benua  Amerika  pada akhir  abad 15  dan awal abad 16.
  •  Keadaan Alam.
Luas Benua Amerika  42.188.568,5 km2 yang membentang dari utara  ke selatan sepanjang 15.300 km. Benua itu  di bagian utara lebarnya dari barat ke timur  mencapai 5.000 km dan makin ke selatan makin sempit.

Amerika bagian  utara dan selatan secara fisik mempunyai ciri khas, yaitu adanya rantai pegunungan yang membujur dari Alaska  di utara sampai Pulau Tierradel Fuego di selatan. Pegunungan  itu  menyatukan barisan Pegunungan Andes, Cascades, dan Sierra Nevada. Benua Amerika  dibatasi oleh Samudra Pasifik di sebelah barat  dan Samudra Atlantik  di sebelah timur.

Posisi  Benua Amerika  diapit oleh dua samudra besar, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Letak  astronomisnya  diantara 85 derajat LU- 56 derajat LS dan 35 derajat BB – 170 derajat BB.
Benua ini dibagi atas tuga kawasan , yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika  Selatan. Amerika Tengah dan Amerika Selatan  sering juga di sebut Amerika Latin. Adapun  Amerika Utara  di sebut Anglo  Amerika. Di antara Amerika  Tengah dan Amerika Selatan terdapat suatu  daratan sempit  yang memisahkan samudra  Pasifik  dengan samudra  Atlantik. Daratan yang sempit ini di sebut tanah genting Panama. Pada tanah  genting ini digali terusan Panama  sepanjang 81 km yang  menghubungkan antara Samudra Pasifik dengan  Samudra Atlantik.

Batas- batas benua   Amerika, sebelah barat berbatasan  dengan Samudra  Pasifik dan selat Bering, sebelah timur berbatasan dengan  Samudra Atlantik, sebelah utara berbatasan dengan  Laut Arktik  ( Laut  Es Utara ), sebelah selatan berbatasan  dengan Samudra  Pasifik dan Samudra Atlantik.

Benua Amerika  membentang dari  Kutub Utara sampai  ke Kutub Selatan sehingga semua jenis  iklim terdapat  dibenua ini. Bentang alamnya mulai dari  dataran rendah sampai pegunungan–pegunungan yang tinggi. Oleh  karena itu, corak iklim  di benua ini di kelompokkan  sebagai berikut :
  1. Iklim dingin, Iklim ini terdapat  pada wilayah bagian  paling utara ( daerah kutub ).Jenis  tumbuhan nya  adalah tundra  ( padang lumut ).
  2. Iklim benua atau iklim darat.Iklim ini  terdapat di Amerika  Serikat bagian timur sampai perbatasan dengan Kanada. Curah  hujan di wilayah ini rendah.
  3. Iklim kering atau iklim gurun. Iklim ini terdapat di sebelah barat Amerika Serikat  (Gurun Mojave ) dan Pantai Cile di  Amerika Selatan ( Gurun Atacama ) 
  4. Iklim stepa. Iklim ini terdapat  di sebelah timur pegunungan batu ( Rocky Mountains) sampai ke Kanada di Amerika Utara, serta dataran  tinggi Brasilia  di Amerika Selatan. Di Brasil, orang menyebut stepa dengan  nama campos, sedangkan orang  Amerika Serikat  menyebutnya pram dan orang  Argentina  menyebutnya pampa.
  5. Iklim tropis basah. Iklim ini  terdapat di kawasan Amerika tengah dan sebagian besar  Amerika Selatan bagian utara. Curah hujan  di wilayah ini tinggi sepanjang tahunnya  sehingga sebagian  besar  terdiri  atas hutan hujan tropis seperti di Indonesia . Hutan hujan  tropis tersebut  dapat kita jumpai pada lembah Sungai Amazon di Brasil. Orang  Brasil menyebutnya Selva.
Bentang  Alam Benua  Amerika, seperti berikut :
  • Benua Amerika  Bagian  Barat.
Sepanjang bagian barat  Benua Amerika  terdapat suatu barisan pegunungan yang memanjang, mulai  dari Alaska di utara sampai  ujung  Amerika Selatan bagian selatan. Puncak  tertinggi adalah Gunung Aconcaguan  ( 6.960 m )   yang  terletak    di  Argentina ( Amerika  Selatan). Di bagian barat  Amerika Utara  terdapat barisan pegunungan yang dsisebut Rocky  Mountains ( pegunungan batu ). Di bagian  barat Amerika Selatan di sebut  Cordelleras de Los  Andes  ( Pegunungan Andes ). Barisan  pegunungan  tersebut pada  bagian – bagian tertentu  dekat dengan  pantai, tetapi makin  ke selatan makin  melebar ke arah tengah.

Sepertiga dari wilayah  Amerika Serikat tertutup oleh  barisan pegunungan  batu berupa  deretan pegunungan  seperti Pegunungan  Sierra Nevada  dan  Cascade . Di kompleks   utama  Pegunungan Rocky  terdapat lembah  kering yang di sebut  Great Basin. Di kawasan  ini banyak  ditemukan danau-danau  garam, misalnya  Danau Garam Besar  ( The Great  Salt Lake ). Di sini pula  terletak ngarai  yang terkenal  di dunia karena  kedalaman  lembahnya  serta lapisan batuannya  yang berwarna-warni.
  • Benua Amerika  Bagian  Timur.
Sebelah timur dari Rocky Mountains di wilayah Kanada terdapat sederetan danau, diantaranya Danau Great Bear, Great Slave, Winnipeg, dan Manitoba. Di sebelah timur dari Rocky Mountains terdapat dataran  luas yang disebut Great Plain yang menjadi daerah  aliran sungai  ( DAS )  Missisippi beserta dengan  anak-anak sungainya. Sebelah timur  laut dari Great  Plain terdapat  lima danau besar, yaitu Danau Superior, Danau Michigan, Danau Hundson, Danau Eire, dan Danau  Ontario. Di antara Danau  Eire  dan Danau Ontario terdapat air terjun Niagara.

Di Amerika Tengah, barisan pegunungan menyempit dari Meksiko sampai  ke Panama dan meluas kembali  di Amerika Selatan tepatnya pada Pegunungan  Andes bagian tengah. Sebelah timur Pegunungan  Andes terdapat  dataran luas yang menjadi tempat  mengalirnya Sungai  Amazon . Sungai Amazon  mereupakan sungai terbesar  di dunia.

Sebelah Timur dari Amerika Tengah, terdapat  gugusan pulau-pulau . Gugusan  pulau ini terpisah dengan  daratan  Benua  Amerika oleh  Teluk Meksiko dan Laut Karabia. Gugusan  pulau-pulau  itu ada yang besar dan kecil. Pulau –pulau  yang besar di kawasan ini merupakan bagian  dari Negara  Kuba, Haiti, Republik Dominika, Puerto Riko, dan Jamaika . Gugusan pulau besar di sebut Kepulauan  AntilessBesar, sedangkan yang kecil di sebut Kepulauan Antiless Kecil.
  • Penduduk
Penduduk asli Amerika adalah orang Indian dan Eskimo. Kedua etnis  ini diperkirakan berasal dari daratan Benua Asia pada zaman  prasejarah. Mereka  sampai  ke daratan Amerika  bagian utara ( Kanada ) dengan menyeberangi  Selat Bering. Kemudian, ada yang menyebar ke- bagian-bagian lainnya dan ada pula  yang tetap tinggal di utara. Orang –orang  Eskimo tetap tinggal di utara  dan menjadi penduduk tetap di wilayah Kutub Utara Amerika.

Kemudian  pada abad ke- 15, orang  Spanyol masuk ke Benua Amerika  ke daerah Selatan, disusul masuknya orang  Prancis dan Inggris. Oleh karena  imigrasi  bdesar-besaran terjadi pada akhir  abad ke- 19  ( dari Benua Eropa  ke Benua Amerika ), maka penduduk Amerika sebagian besar merupakan keturunan imigran- imigran  dari Eropa. Penduduk  aslinya, yaitu  bangsa Indian dan Eksikimo yang jumlahnya tinggal sedikit.

Selain  orang-orang  kulit putih dari Eropa, penduduk Amerika terdiri  atas sejumlah  orang Negro dari Afrika yang di bawa  ke Amerika sebagai budak belian. Orang –orang  Asia pun sekarang  ini telah banyak pula yang tinggal di Amerika. Mereka  datang berimigrasi ke benua ini  dengan berbagai  alasan  dan tujuan.

Demikian sekilas pengertian mengenai benua serta pembagian dan karakter ristik dari benua, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua guna menambah ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu geografi.

Baca Juga : Sekilas Pengertian Geografi
Baca Juga : Sekilas Pengertian Pola dan Bentuk Muka Bumi

Referensi Saya : Muhsinatun Siasah
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Benua dan Karakteristik Benua Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Benua dan Karakteristik Benua Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Benua dan Karakteristik Benua"

Post a Comment