Sekilas Pengertian Pola dan Bentuk Muka Bumi

Sekilas Pengertian - Bentuk muka bumi beraneka ragam tergantung pada  ketampakan yang ada. Begitu juga ketampaknya di peta. Ketampakan di peta dimunculkan  dengan menggunakan perbedaan simbol. Selain itu, tata warna  juga dapat menentukan perbedaan bentuk muka bumi.


Dengan memahami bentuk-bentuk permukaan bumi, kita akan  mampu membedakan  bentuk permukaan bumi dan bisa memanfaatkan tempat-tempat tersebut jika kita berada di daerah itu.  Kita  akan mengetahui kehidupan masyarakat pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi.

Pola  dan Variasi  Bentuk  Muka  Bumi

Variasi  bentukan  yang terjadi di permukaan bumi disebabkan oleh tenaga pengubah permukaan bumi, yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen.

Tenaga tersebut mengakibatkan bumi terus mengalami perubahan. Oleh karena itu,  bentuk bumi yang kita saksikan pada saat ini bdrbeda dengan bentuk bumi pada masa lalu, begitu juga dengan masa yang akan datang kemungkinan akan bderneda pula.

Bentuk  Relief  Daratan

Releif daratan  dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk antara lain gunung, pegunungan, daratan tinggi, daratan rendah, peneplain, ngarai, sungai dan delta.
  • Gunung dan Pegunungan.
Gunung adalah bagian   permukaan bumi yang menjulang keatas dan lebih tinggi daripada daerah sekitarnya. Kumpulan  gunung disebut pegunungan.

Bagaimana terjadinya Gunung dan Pegunungan?

Gunung dan Pengunungan  terjadi karena  tenaga rektonik  dan vulkanik. Tenaga rektonik dapat menyebabkan  pembentukan  pegunungan lipatan  atau pegunungan  patahan. Tenaga vulkanik dapat menyebabkan  terjadinya gunung berapi . contoh gunung dan pegunungan  adalah Gunung Everest di Pegunungan Himalaya ( 8.839 m dpl ) dan Gunung Amne Machin di Cina  Barat ( 7.600 m dpl ).

Pegunungan di Indonesia, dilihat  dari ketinggian umumnya tergolong  pegunungan menengah. Pegunungan  tinggi hanya  terdapat di Papua, yaitu Pegunungan Sudirman dengan puncaknya  Jaya Wijaya( 5.036 m dpl ).Puncak pegunungan tersebut selalu diliputi salju
Beberapa  pegunungan di dunia  adalah sebagai berikut :
  1. Pegunungan Andes di Amerika Selatan
  2. Pegunungan Siera Mandre, Siera Nevada, Rocky, Mackenzie, dan Brooks di  Amerika  Utara.
  3. Pegunungan Pyrene, Alpen, Appenina, Balkan, Karpatia, Jura dan Kaukasus  di Eropra.
  4. Pegunungan Atlas , Ruwensori, dan Drakensberg di Aafrika.
  5. Pegunungan Himalaya, Kwenlu, Xingan Besar, Yablonuuy, Elburrz dan Zagros di Asia.
  6. Pegunung Darling, New England Range, dan Alpen Australia  di Australia.
  • Dataran  Tinggi
Dataran tinggi  adalah bagian  dari permukaan  yang tanahnya  relatif darat dan ketinggian lebih dari  200 m di atas permukaan laut. Contohnya Dataran Tinggi Gayo dan Dataran Tinggi Alas di Sumatera.
  • Dataran  Rendah
Dataran Rendah adalah bagian dari daratan yang mempunyai ketinggian antara 0 –200 m di atas permukaan  air laut. Dataran  rendah biasanya  berada di dekat pantai. Dataran rendah , antara lain terjadi karena endapan material batuan yang disebabkan oleh tenaga  air, es, atau angin.
  • Reneplain
Reneplain adalah  daratan yang rata. Reneplain  terbentuk akibat pengaruh tenaga dari laut (Eksogen) berupa pengikisan . Selain itu, peneplain terbentuk di daerah yang tidak terjadi pengangkatan akibat pengaruh tenaga dari dalam ( endogen ).
  • Ngarai ( Canyon )
Ngarai adalah lembah yang dalam dengan dinding curam  dan biasanya di dalamnya  mengalir sungai.
  • Sungai
Sungai adalah bagian permukaan buni yang lebih rendah  dari pada  daerah disekitarnya sebagai tempat air mengalir.
  • Delta
Delta adalah endapan  yang terbentuk di muara sungai. Macam –macam delta  adalah :
  1. Delta kaki burung contohnya Delta Missisipi.
  2. Delta tumpul contaohnya Delta Nil.
  3. Delta runcing, yaitu delta  yang makin lama makin  meruncing.
  • Danau
Danau adalah  massa  air  yang berada  di suatu cengkungan  yang terdapat  di daratan. Danau umumnya  terbentuk karena  depresi pada permukaan bumi.

Bentuk  Relief  Dasar Laut

Relief dasar laut  adalah perbedaan tinggi rendah  permukaan  dasar laut. Berdasarkan pengdertian di atas, relief dasar laut dapat dibedakan  sebagai berikut :
  1. Gunung  Laut : Gunung laut  adalah gunung yang  kakinya di dasar laut. Contohnya Gunung Krakatau dan gunung api di Laut Banda.
  2. Punggung  Laut : Punggung Laut adalah  bukit di dasar laut. Contohnya Punggung Laut  Maskareneen dan Punggung  Laut Walvis.
Demikian sekilas pengertian mengenai pola dan bentuk muka  bumi, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua guna untuk memperdalam ilmu pengertahuan dalam bidang ilmu geografi.


Referensi Saya : Muhsinatun Siasah
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Pola dan Bentuk Muka Bumi Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Pola dan Bentuk Muka Bumi Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Pola dan Bentuk Muka Bumi"

Post a Comment