Sekilas Pengertian Geografi

Sekilas Pengertian - Geografi adalah suatu ilmu pelajaran yang membahas tentang bumi, pembentukan bumi, tempat-tempat di dunia, peristiwa alam, dan peta.


Kata geografi diambil dari bahasa Inggris “geography” yang merupakan turunan kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu “geo”yang berarti bumi dan “graphien” yang berarti tulisan atau penjelasan. Kedua kata tersebut kemudian terbentuk menjadi “geography” yang bisa diartikan secara istilah sebagai ilmu bumi atau ilmu yang mempelajari tentang bumi.

Menurut Para Ahli

Pengertian geografi juga dapat dilihat dari beberapa sumber para ahli, yaitu sebagai berikut :
  1. Claudius Ptolomaeus : Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.
  2. Erastothenes : Geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.
  3. Ekblaw dan Mulkerne : Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi, dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni, dan tempat rekreasi yang kita nikmati.
  4. Haris : Geografi adalah suatu ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang ada di permukaan bumi dengan konsep spasial untuk pemanfaatan pembangunan yang ada dipermukaan bumi.
  5. Paul Vidal de La Blance : Geografi adalah studi tentang kualitas negara-negara, di mana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini.
  6. Prof. Bintarto : Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.
  7. Von Rithoffen : Geografi adalah studi tentang gejala, dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala, dan sifat tersebut.
Referensi Saya : Search Google
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Geografi Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Geografi Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Geografi"

Post a Comment