Sekilas Pengertian Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia

Sekilas Pengertian – Bahasa Indonesia mempunyai sejarah yang panjang. Perannya bagi kehidupan bangsa pun telah dibuktikan sejak zaman kerajaan. Dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia, bisa diketahui bahwa bahasa Indonesia mempunyai kedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa negara.

Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional

Kedudukan bahasa Indonesia sebaga bahasa nasional ditetapkan sejak diakuinya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dalam Kongres Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Para pemuda dari beragam suku bangsa dan budaya secara sadar menanggalkan bahasa daerahnya dan mengakui bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan dengan nama bahasa Indonesia. Ini merupakan kesadaran berbangsa yang patut diteladani, karena mereka mau menghilangkan sekat-sekat etnis.
Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia mempunyai fungsi sebagai berikut :
  1. Lambang identitas nasional
  2. Lambang kebanggaan nasional 
  3. Alat pemersatu bangsa 
  4. Alat komunikasi antar suku bangsa
  5. Alat komunikasi antar daerah 

Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara 

Sejak proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945, bahasa Indonesia mempunyai kedudukan sebagai bahasa  negara. Secara yuridis formal hal itu sesuai dengan Bab XV pasal 36 UUD 1945 (sebelum diamandemen). Setelah diamandemen dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia mempunya fungsi sebagai berikut:
  1. Bahasa resmi kenegaraan
  2. Bahasa pengantar di dunia pendidikan 
  3. Bahasa resmi tingkat nasional dalam rangka perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan
  4. Bahasa resmi dalam pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi
Demikian sekilas pengertian mengenai kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua dalam memperdalam pengetahuan dalam bidang ilmu sastra atau bahasa Indonesia.


Referensi Saya : Dr. La Ino, S.Pd., M.Hum
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia"

Post a Comment