Sekilas Pengertian Karya Ilmiah

Sekilas Pengertian – Karya ilmiah adalah hasil pemikiran ilmiah pada suatu disiplin ilmu tertentu yang  disusun secara sistematis, logis, benar, bertanggung jawab dan menggunakan bahasa yang baik dan benar (Pateda, 1993). Karya ilmiah ditulis bukan hanya untuk mempertanggung jawabkan penggunaan sumber daya penelitian (alat, bahan, sumber) melainkan juga untuk mempertanggung jawabkan penulisan karya ilmiah secara teknis dan suntantif (materi).

Ciri-ciri Karya Ilmiah

Jujun Suriasumantri (1999) menyebutkan ada 10 ciri karya ilmiah, yakni :
  1. Reproduktil artinya maksud yang ditulis oleh penulis karya ilmiah harus bisa ditangkap dengan makna yang sama oleh pembacanya.
  2. Tidak ambigu, artinya tidak multitafsir
  3. Tidak emotif, artinya tidak melibatkan unsur perasaan, rasional, jelas, objektif.
  4. Penggunaan bahasa baku dalam ejaan, kata, kalimat, paragraf, konsisten.
  5. Penggunaan istilah keilmuan dalam tulisan ilmiah.
  6. Bersifat denotatif, menggunakan bahasa yang lugas.
  7. Rasional, mennonjolkan keruntutan pikiran yang logis, lancar, cermat.
  8. Ada kohesi antarkalimat tiap paragraf.
  9. Bersifat straightforward, langsung kepada sasaran.
  10. Penggunaan kalimat efektif, yakni kalimat yang mengandung makna persis seperti apa yang disampaikan penulisnnya.
Sementara itu, Rivai (2005) mengatakan bahwa ada beberapa perangkat kebahasaan penting dan patokan pemakaiannya dalam karya tulis ilmiah yang harus dipahami oleh penulis, yakni :
  1. Perhurufan (huruf Romawi, rtali, Kapital, Kapital Kecil, huruf tebal, dan huruf Yunani).
  2. Perangkaan (Angka Arab, Angka Romawi).
  3. Perlambangan (singkatan, akronim, lambang, satuan dasar).
  4. Pengejaan (huruf, tidak dikenal konsonan rangkap, huruf x di ganti ks, huruf b pada gugus gb, rb, tb dihilangkan sedang pb menjadi f, cb menjadi k, penulisan kata-kata sulit seperti kualitas, sistesis, projektor, standar, standardisasi, nama ilmu berakhiran ika, dan kekhususan bahasa keterangan, kata tambahan).
  5. Tanda baca (titik, titik terangkat, koma, titik koma, titik dua, tanda tanya, tanda seru, tanda hubung, tanda pisah, tanda kurung, tanda kurung siku, tanda petik, tanda petik tunggal, tanda elepsis (...), tanda garis miring, tanda ampersan (&)).
Demikian sekilas pengertian mengenai karya ilmiah, semoga dapat berguan dan bermanfaat untuk kita semua guna memperdalam ilmu pengetahuan dalam bidang sastra atau pelajaran bahasa Indonesia dan tata cara penulisan yang benar dan baik.

Referensi Saya : Dr. La Ino, S.Pd., M.Hum
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Karya Ilmiah Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Karya Ilmiah Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Karya Ilmiah"

Post a Comment