Sekilas Pengertian Artikel

Sekilas Pengertian – Artikel adalah karya tulis lengkap yang berasal dari hasil penelitian atau hasil berpikir kritis atas masalah-masalah tertentu. Artikel ilmiah mempunyai bentuk, struktur, dan sifat-sifat tertentu. Penulisannya mengikuti kaidah, pola, dan teknik tertentu. Kaidah, pola, dan teknik penulisan dipengaruhi gaya selingkung yang ditetapkan oleh wadah yang akan dibidik oleh artikel tersebut.  


Artikel hasil penelitian dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah nasional tertentu (terakreditasi atau non akreditasi), jurnal internasional tertentu, atau dipresentasikan dalam seminar-seminar ilmiah tertentu. Jurnal ilmiah adalah publikasi ilmiah yang memuat informasi tentang kegiatan dan hasil kegiatan bidang IPTEKS. Jurnal ilmiah berfungsi mengkomunikasikan aktivitas dan hasil pengembangan IPTEKS. Jurnal ilmiah adalah sarana komunikasi ilmiah antara pihak-pihak yang terllibat di bidang IPTEKS yang sama/sejenis.

Artikel ilmiah nonpenelitian dipublikasikan melalui majalah-majalah ilmiah tertentu. Jika penulisnya bersifat umum, bukan diperuntukkan kalangan tertentu, artikel ilmiah dapat dimuat di koran. Ilmiah yang dinamakan artikel ilmiah populer.

Proses penulisan artikel hampir sama dengan proses penulisan makalah. Hanya terdapat sedikit tambahan yakni setelah penulisan judul dilanjutkan penulisan abstrak dan kata kunci. Abstrak adalah perasaan, ditulis dalam satu paragraph. Kata kunci adalah istilah yang digunakan dalam artikel tersebut, yang memuat konsep dasar atau konsep pokok, berfungsi untuk membantu pembaca dalam memahami artikel tersebut. Kata kunci terdiri dari tiga atau lima kata. Artikel ilmiah hasil penelitian tersusun atas judul, identitaspenulis, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan. 

Artikel ilmiah populer membahas masalah-masalah aktual dengan proses penggarapan sama dengan artikel ilmiah tetapi penyajiannya disesuaikan untuk umum. Struktur artikel di koran pada umumnya terdiri atas judul (head), nama penulis (by name),prorog atau pembuka tulisan atau intro,bridge atau pengait atau jembatan antara intro dengan pokok bahasan,bisa berupa dua tiga pertanyaan,kemudian isi (body) atau paparan masalah,biasanya berupa sub-sub judul,dan penutup ( closing),dapat berupa kesimpuran atau ajakan. Lalu keterangan atau identitas penulis.

Jenis-jenis artikel ada empat,yakni artikel deskriptif,artikel eksplanatif,artikel prediktif, dan artikel preskriptif. Artikel deskriptif yakni artikel yang isinya menggambarkan secara detil suatu masalah sehingga pembaca mengetahui secara utuh. Artikel eksplanatif adalah artikel yang isinya menjelaskan sejelas-jelasnya sehingga pembaca oaham betul mengenai masalah yang dikemukakan. Artikel prediktif adalah artikel yang berisi dugaan yang kemungkinan terjadi dimasa datang terkait dengan masalah yang dikemukakan. Artikel preskriptif adalah artikel yang mengandung ajakn,himbauan,atau perintah kepada pembaca agar melakukan sesuatu.

Demikian sekilas pengertian mengenai penjelasan artikel, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua guna memperdalam wawasan dalam bidang ilmu sastra atau bahasa Indonesia.

Referensi Saya : Dr. La Ino, S.Pd., M.Hum
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Artikel Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Artikel Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Artikel"

Post a Comment