Sekilas Pengertian Shalat Qasar

Sekilas Pengertian - Shalat Qasar adalah sahalat yang diringkaskan rakaatnya yaitu diantara shalat fardu, yang seharusnya empat rakaat menjadi dua rakaat.


Shalat fardu yang boleh diqasar adalah shalat yang jumlah rakaatnya empat (Zuhur, Asar, dan Isya). Sedangkan Magrib dan Subuh rakaatnya tetap (tidak boleh diqasar).
Bagi musafir (berpergian jauh) baginya diperbolehkan melakukan shalat dengan Qasar baginya mendapat hukum  “rukhsah” atau mendapatkan keringanan.

Firman Allah SWT : “Dan apabila kamu berpergian di muka bumi, maka tidak ada halangan bagi kamu mengqasar (meringkas) shalat, jika kamu takut dibinasakan oleh orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang amat nyata bagimu.” (Q.S. An Nisa : 101)
Berdasarkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa shalat Qasar itu merupakan sedekah dari Allah SWT.

Perhatikan sabda Rasulullah SAW berikut : “Telah bercerita Ya’la bin Umayyah, saya telah berkata kepada Umar, Allah telah berfirman : “Jika kamu takut” sedang sekarang telah aman (tidak takut lagi) Umar menjawab : Saya heran juga sebagai engkau, maka saya tanyakan kepada Rasulullah SAW, dan beliau menjawab : Shalat Qasar itu sedekah yang diberikan Allah kepadamu, maka terimalah olehmu sedekah-Nya (pemberian-Nya itu). “ (H.R. Muslim)

Syarat-syarat Sah Sholat Qasar

  • Perjalanannya berjarak jauh (perjalanan itu sehari semalam).
  • Perjalanannya bukan untuk kemaksiatan.
  • Berniat Qasar sewaktu takbiratul ihram.

Demikian sekilas pengertian tentang shalat Qasar yang harus kita ketahui maksud dan tujuannya serta syarat-syaratnya semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua dalam memperluas wawasan kita mengenai dunia Islam.


Referensi Saya : PT. Nyata Grafika Media Surakarta
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Shalat Qasar Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Shalat Qasar Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Shalat Qasar"

Post a Comment