Sekilas Pengertian Perdagangan Internasional

Sekilas Pengertian – Kegiatan jual beli dapat dilakukan oleh suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang diimaksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Kegiatan semacam inilah yang disebut dengan perdagangan internasional.


Perdagangan merupakan kegiatan transaksi jual beli barang dan jasa pada suatu waktu tertentu. Kegiatan ini dapat terjadi di dalam suatu negara atau pun antarnegara. Meskipun pengertian perdagangan pada dasarnya sama, perlu dibedakan antara perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional.

Berbagai aspek perdagangan internasional yang dapat membedakan dengan perdagangan dalam negeri, antara lain sebagai berikut.

Perdagangan Internasional Membutuhkan Valuta Asing

Pada perdagangan dalam negeri (Indonesia), jenis mata uang yang digunakan sama, yaitu rupiah.
Dalam perdagangan dalam negeri antara penjual dan pembeli menggunakan mata uang yang sama. Sementara itu, pada perdagangan internasional penjual dan pembeli menggunakan mata uang yang berbeda dan pembeli harus menggunakan mata uang negara yang menjual barang tersebut.

Transaksi dalam Perdagangan Internasional Membutuhkan Waktu Lama

Transaksi jual beli barang dan jasa berlangsung dalam 3 tahap, yaitu kesepakatan harga, pembayaran, dan penyerahan barang. Pada umumnya di pasar dalam negeri ketiga tahap tersebut terjadi secara bersama-sama. 

Dalam perdagangan antarpulau atau antardaerah yang jaraknya agak jauh, umumnya ketiga tahapan dalam perdagangan di atas terjadinya tidak bersamaan, namun pelaksanaannya tidak terlalu lama. Hal seperti ini jarang terjadi di pasar internasional. Kesepakatan harga, pembayaran, dan penyerahan barang sering memerlukan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Hal tersebut terjai karena jarak antara negara yang satu dan yang lainnya relatif jauh dan adanya prosedur ekspor dan impor yang rumit. 

Perbedaan Kebijakan yang Diterapkan oleh Tiap Negara

Peradagangan internasional melibatkan dua negara atau lebih. Setiap negara menetapkan kebijakan yang berbeda untuk memenuhi kepentingannya sendiri. Kebijakan semacam tarif dan kuota yang terjadi dalam perdagangan internasional tidak ditemui pada perdagangan di dalam negeri.

Faktor Pendorong Timbulnya Perdagangan Internasional

Manusia melakukan perdagangan karena ada dorongan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan mencari keuntungan. Pada awalnya, perdagangan dilakukan dengan cara barter (pertukaran barang dengan barang). Selanjutnya, berkembang perdagangan modern yang dilakukan dengan alat pembayaran. 

Dampak Perdagangan Internasional bagi Perekonomian Indonesia

Perdagangan internasional atau perdagangan antarnegara tentunya akan membawa dampak bagi negara yang melakukan perdagangan. Dampak ini bisa positif (keuntungan) bisa juga negatif (kerugian).
  • Dampak Positif Perdagangan Internasional bagi Indonesia
Selama ini Indonesia cukup aktif dalam melakukan perdagangan dengan negara lain. Banyak barang dari Indonesia yang dibutuhkan oleh penduduk negara lain dan banyak barang kebutuhan bangsa Indonesia harus didatangkan dari negara lain. Dampak positif yang diterima oleh Indonesia dengan adanya perdagangan antar negara, antar lain sebagai berikut.
  1. Devisa negara bertambah.
  2. Kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan lebih baik.
  3. Produktivitas perusahaan meningkat.
  4. Lapangan kerja meningkat.
  5. Investasi meningkat.
  • Dampak Negatif Perdagangan Internasional bagi Indonesia
Banyak manfaat yang dapat diperoleh Indonesia dengan adanya perdagangan internasional. Akan tetapi, ada berbagai dampak buruk yang harus ditanggung oleh Indonesia dari pelaksanaan perdagangan internasional. Dampak buruk pelaksanaan perdagangan internasional bagi Indonesia, antara lain sebagai berikut.
  1. Masyarakat akan lebih konsumtif.
  2. Persaingan yang tidak seimbang antara negara maju dan negara berkembang menyebabkan negara Indonesia akan kalah bersaing. Hal itu disebabkan sumber daya yang dimiliki Indonesia lebih kecil dibandingkan dengan negara maju dan biaya produksinya lebih tinggi. dengan demikian, harganya akan relatif lebih tinggi sehingga akan kalah bersaing di pasaran internasional.
  3. Akibat persaingan tidak seimbang, Indonesia akan makin tertinggal dan bergantung pada negara maju.
Demikian sekilas pengertian mengenai perdagangan internasioanal, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua guna memperdalam wawasan di bidang ilmu ekonomi atau perekonomian.

Referensi Saya : Endang Mulyani
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Perdagangan Internasional Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Perdagangan Internasional Sebagai sumbernya

1 Response to "Sekilas Pengertian Perdagangan Internasional"

  1. Mens Titanium Wedding Rings - TITSINNIC GIRL WATER
    TITSINNIC iron titanium GIRL WATER - TITSINNIC GIRL WATER - TITSINNIC GIRL WATER - tittanium TITSINNIC GIRL WATER. apple watch titanium vs aluminum TITSINNIC titanium wok GIRL WATER - TITSINNIC t fal titanium pan GIRL WATER.

    ReplyDelete