Sekilas Pengertian Filsafat

Sekilas Pengertian – Dalam wacana ilmu pengetahuan, banyak orang yang memandang bahwa filsafat adalah merupakan bidang ilmu yang rumit, kompleks dan sulit dipahami secara definitif. Namun demikian sebenarnya pendapat yang demikian ini tidak selamanya benar.

 

Selama manusia hidup sebenarnya tidak seorang pun dapat menghindari dari kegiatan bersilfasat. Dengan kata lain, perkataan setiap orang dalam hidupnya senantiasa bersilfasat, sehingga berdasarkan kenyataan tersebut maka sebenarnya filsafat itu sangat mudah dipahami. Jikalau orang berpendapat bahwa dalam hidup ini materilah yang esensial dan mutlak, maka orang tersebut bersilfasat materialisme.

Jikalau seseorang berpandangan bahwa kebenaran pengetahuan itu sumbernya rasio maka orang tersebut bersilfasat rasionalisme, demikian juga jikalau seseorang berpandangan bahwa dalam hidup masyarakat maupun negara yang terpenting adalah kebebasan individu, atau dengan kata lain bahwa manusia adalah sebagai makhluk individu, atau dengan kata lain bahwa manusia adalah sebagai makhluk individu yang bebas maka orang tersebut berpandangan individualisme dan liberalisme.
Secara etimologis istilah “filsafat” berasal dari bahasa Yunani “philein” yang artinya “cinta” dan “sophos” yang artinya “hikmah” atau “kebijaksanaan” atau “wisdom” (Nasution 1973). Jadi, secara harfiah istilah “filsafat” mengandung makna cinta kebijaksanaan, dan nampaknya hal ini sesuai dengan sejarah timbulnya ilmu pengetahuan, yang sebelumnya di bawah anungan filsafat. Namun jikalau kita membahas pengertian filsafat dalam hubungannya dengan lingkup bahasanya maka mencakup banyak bidang bahasan antara lain tentang manusia, alam, pengetahuan, etika, logika, dan lain sebagainya. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka munculah filsafat yang berkaitan dengan bidang-bidang ilmu tertentu antara lain filsafat olitik, sosial, hukum, bahasa, ilmu pengetahuan, agama, dan bidang-bidang ilmu lainnya.

Keseluruhan arti filsafat yang meliputi berbagai masalah tersebut dapat dikelompokan menjadi dua macam sebagai berikut:

Filsafat Sebagai Produk yang Mencakup Pengertian

  1. Folsafat sebagai jenis pengetahuan, ilmu, konsep, pemikiran-pemikiran dari pada filsuf, pada zaman dahhulu yang lazimnya suatu aliran atau system tertentu, misalnya; rasionalisme, materialisme, pragmatise, dan lain sebagainya.
  2. Filsafat sebagai suatu jenis problem yang dihadapi oleh manusia sebagai hasil dari aktivias berfilsafat, jadi manusia mencari suatu kebenaran yang timbul dari persoalan yang bersumber pada akal manusia.

Filsafat Sebagai Proses

Filsafat sebagai suatu proses yang dalam hal ini filsafat diartikan dalam bentuk suatu aktivitas berfilsafat, dalam proses pemecahan suatu permasalahan dengan menggunakan suatu cara dan metode tertentu yang sesuai dengan objeknya. Dalam pengertian ini filsafat merupakan suatu kumpulan dogma yang hanya diyakini, ditekuni dan dipahami sebagai suatu aktivitas berfilsafat, suatu proses dinamis dengan menggunakan suatu metode tersendiri.

Adapun cabang-cabang filsafat yang pokok adalah sebagai berikut: 
  1. Metafisika : Yang membahas tentang hal-hal yang bereksistensi dibalik fisis, yang meliputi bidang-bidang ontology, kosmologi, dan antropologi.
  2. Epistemology : Berkaitan dengan persoalan hakikah pengetahuan.
  3. Metodologi : Berkaitan dengan persoalan hakikat metode dalam pengetahuan.
  4. Logika : Berkaitan dengan persoalan filsafat berpikir, yaitu rumus-rumus dan dalil-dalil berpikir benar.
  5. Etika : Berkaitan dengan moralitas tingkah laku manusia.
  6. Estetika : Berkaitan dengan hakikat keindahan.
Berdasarkan cabang-cabang filsafat inilah kemudian munculah berbagai macam aliran dalam ilmu filsafat.

Demikian sekilas pengertian mengenai filsafat atau arti kata filsafat semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kita.


Referensi Saya : Berbagai Sumber
Kamu sedang membaca artikel tentang Sekilas Pengertian Filsafat Silahkan baca artikel Sekilas Pengertian Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sekilas Pengertian Filsafat Sebagai sumbernya

0 Response to "Sekilas Pengertian Filsafat"

Post a Comment